Sepenggal Cerita - 6 Tahun yang lalu | Pingkan Podung


Sabtu, 10 November 2018

Hari ini tepat merupakan peringatan Hari Pahlawan di Indonesia. Hari ini, pertama kalinya diriku memperingati hari istimewa ini di kota, tempat tercetusnya peringatan hari ini, yaitu di kota Surabaya.

Walaupun belum bisa pergi ke tempat-tempat bersejarah di kota ini, namun, semangat dan rasa bela negara itu begitu kuat dalam hati dan diri ini.

Tersentak diriku, selama perjalanan diklat di Pegadaian Corporate University (Corpu)  yang telah berjalan selama dua bulan lebih ini, aku berusaha menjadi aku yang saat ini, aku yang bukan karena aku yang dulu, bukan karena apa yang kuraih, bukan karena apa yang kudapatkan, tetapi aku yang memberikan diri bagi pendidikan dan pelatihan ini. Namun, beberapa hari terakhir, dan puncaknya, hari ini, beberapa cerita di masa laluku kembali terkuak, aku pun tak tahan untuk mengenang cerita yang panjang itu, yang dimulai dari 6 tahun yang lalu.

I'm grateful to be born in this family and find many families in life.
Maaf belum bisa ditampilkan satu-satu. Banyak banget orang-orang yang menjadi berkat bagi hidup ku.

Terima kasih Tuhan atas keluarga dan sahabat tercinta ^_^ Tanpa mereka semua, saya tidak ada di dunia ini. Saya tidak dapat bertahan sampai seperti sekarang ini.

My beloved family (Mami, Nia, Rike, dan Papi) Love you full!!!

"Even none believes, none is sure, but I'll keep believing and being sure, because I have Jesus in my life."

1. Tingkat Kabupaten - Putri Pariwisata Kutai Timur 2012

Saat itu, setelah UN tingkat SMA, saya dipanggil oleh bapak Wakil Kepala Sekolah, pak Kaliman, untuk mengikuti kompetisi Pemilihan Putri Pariwisata tingkat Kabupaten Kutai Timur tahun 2012.


Ini dia, ber-make up hanya sekali setahun, itu pun untuk menjadi MC di acara perpisahan kakak kelas di SMAN 1 Sangatta Utara. Sungguh, saya adalah perempuan yang cuek akan penampilan (sampai sekarang sih) :D

Saya tercengang, gak mungkin lah pak, saya saja jarang make up dan gak pernah pake high heels, disuruh ikut beginian. Pak Kaliman dengan optimis, "ikut saja, siapa tahu masuk  nasional itu karantinanya lama", // "gak mungkin lah pak, ini aja tingkat kabupaten seleksinya ketat, bapak." ***di situ saya meyakini, perkataan adalah doa.***



Awalnya saya berpikir, "Ah, pasti di awal, baru seleksi administrasi, jadi memakai setelan untuk wawancara saja." Alhasil, begitu sampai di sana, saya dan Kiky Rizky Aprilia - rekan seperjuangan saya, datang paling cepat, dan saya mendapat nomor urut 02. Proses seleksi dilaksanakan di Galeri Budaya, Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, Pariwisata (saat itu), pada tanggal 03 Mei 2012, tepat 2 hari sebelum dilaksanakannya perpisahan sekolah.

Tebak, dimana aku?

Puji Tuhan, bisa membawa nama harum SMAN 1 Sangatta Utara. Dengan memakai selempang dari kertas, yang sangat bersejarah, kala itu :"


Pemotretan pertama :)


Sebelah kiri, adalah Pak Kaliman, yang mendukungku untuk terus maju. Terima kasih banyak, pak. Sebelah kanan adalah bapak Gubernur Kaltim yang menjabat saat itu, Bpk. Awang Faroek Ishak (mantan Bupati Kutai Timur juga).


Tugas pertama sebagai Putri Pariwisata Kutai Timur 2012, membuat liputan, saat itu kami berkunjung ke Pantai Sekerat, Bengalon. Dan, saat ini saya hanya geleng-geleng kepala dengan outfit yang saya kenakan untuk kepentingan liputan :" (pantas saja banyak orang gemes dengan penampilanku) :"


2. Tingkat Provinsi - Duta Wisata Kaltim 2012 & Putri Pariwisata Kaltim 2012
Kami, finalis Duta Wisata Kaltim 2012. Dari kiri - kanan : Kak Septi - Pingkan - Aldy (teman paskibraka kutim juga, sekarang sudah jadi pak polisi :D) - mamiku tercinta - dan ibu dari dinas pariwisata kutim.

Pertama kali di-make up oleh profesional make up artist di Samarinda :) Yaitu oleh kak Selvi, anaknya dosen pingkan ketika kuliah di Fahutan, Universitas Mulawarman Samarinda. Saat itu pingkan masih semester 1, baru sebulan kuliah. Pingkan dilatih modelling oleh istri dosen pingkan yaitu pak Yosep Ruslim. Terima kasih atas jasa-jasanya bapak dan ibu.

Saya gagal untuk masuk semifinal alias 5 besar, tetapi puji Tuhan pingkan dapat award Best Presentation. Nah, itu yang memacu pingkan untuk terus mencoba dan berikan yang terbaik pada kompetisi berikutnya - Putri Pariwisata Kaltim 2012.


Ini saat kami kunjungan ke Kantor Gubernur Kaltim. Karantina Putri Pariwisata Kaltim dilaksanakan tepat setelah final Duta Wisata Kaltim. Jadi beberapa perwakilan perempuan tetap tinggal di hotel yang sama. Saat itu, Oktober 2012...

Koregrafi kami dilatih oleh Alm. Kak Tesar, yang juga menjadi make-up artis pingkan yang paling hits sampai beberapa tahun kemudian. Kak Tesar yang paling cerewet tentang pernampilan ku sebeagai seorang putri, dan beliau salah satu motivatorku. Aku merindukanmu kak...

Saat karantina, ini para finalis dari seluruh kabupaten/kota di Kaltim... bersama bapak Prof. H. M. Aswin yang saat itu menjabat sebagai Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Timur.









                                     




Soli Deo Gloria!
Belajar dari pengalaman kegagalan masa lalu, perbaiki, berikan yang terbaik di kesempatan berikutnya. Tuhan pasti buka jalan bagi anak-anakNya yang mau berserah dan mengandalkanNya.


Alm. Kak Tesar & kak Septi... para mentorku yang luar biasa... yang selalu mendukungku, sejak semula, sejak diriku bukan siapa-siapa, mereka yang selalu mendukungku dengan banyak hal. Beruntung diriku mengenal mereka...

Ini sesi pemotretan pertama, sebagai Putri Pariwisata Kaltim 2012. Lokasi di Pantai Teluk Lombok, Sangatta, Kutai Timur.


Konsep ala baju Kutai. Make up oleh alm. Kak Tesar.






Tugas pertama sebagai penjaga stand pameran di Festival Kemilau Kaltim 2012.

Bisa ke Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, bertugas bersama Felicia (Putri Pariwisata Kaltim Intelegensia 2012) - kak Dhea (Wakil II Putri Pariwisata Kaltim 2012) dan kak Desi (Finalis Putri Pariwisata Kaltim 2012) :)

Make up & hair do by bang Awin & kak Wahyu :) Mereka juga baik banget dan support pingkan banget untuk ikut partisipasi ketika di Jakarta.

Kalau ini tugas menjadi penerima tamu di Samarinda. Bersama kak Devi - Kak Desi - dan kak Dhea - 3D 


Ini saat menjalankan tugas liputan di acara Lom Plai, Desa Nehas Liah Bing, Muara Wahau, pada April 2013.




Lagi dan lagi ke TMII Anjungan Kaltim untuk peragaan busana, bersama Janice Sandy (Putri Pariwisata kota Samarinda 2013), kak Leily (Duta Wisata Putri Kaltim 2013), dan Ellis (Putri Pariwisata Kaltim Favorit 2013). 

Kalau ini, pertama kalinya Pingkan dan kak Auriza (Duta Wisata Kutim Putra 2013)  mengikuti peragaan busana di Festival Kemilau Kaltim pada tahun 2013. Puji Tuhan, gak nyangka juara 3.


Ini saat tugas di Jakarta. Saat gladi bersih, dalam parade budaya nusantara dari Monas - Istana Negara - lalu kembali ke Monas, pada Agustus 2013.



Cuplikan gambar ketika bertugas pada acara Lom Plai (upacara adat suku Dayak Wehea).

Bersama Putri Pariwisata Kaltim 2013 - kak Raeza Febrina.

Pada malam final pemilihan Putri Pariwisata Kutai Timur 2013. Pingkan bersama runner up 1 Putri Pariwisata Kutim 2012,  kak Esti & Runner up 2 yaitu Tatum. Miss you my girls :) *eh, 1 sudah jadi mama cantik sekarang

Menjadi Putri Pariwisata dan mahasiswi Kehutanan tetap bisa bersinergi :D Karena, hutan pun bisa menjadi tempat wisata alam.

Saat menuju Prevab, Taman Nasional Kutai untuk liputan bersama Dinas Pariwisata Kutim :)

Puji Tuhan. Gak nyangka, ketika menjabat, bisa dapat bonus ke Amerika Serikat dalam rangka Festival Bunga Mawar di Pasadena.

3. Tingkat nasional - Putri Pariwisata Indonesia 2013

Sebelum berangkat ke Jakarta untuk tingkat nasional, saya memohon dukungan dari pejabat pemerintah Kabupaten Kutai Timur, didampingi Bapak Budi Amuranto (paling kanan), beliau sangat mendukung saya sejak dari 0 sampai sekarang dalam meniti karir. Terima kasih atas dukungannya, pak.

Welcome to Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2013. Saya bersyukur dan bangga bisa menjadi bagian dari kontes ini. Kontes tingkat nasional, yang disiarkan oleh Kompas TV. Tak pernah terbayangkan olehku. Persiapan yang cukup matang, dari tingkat kabupaten (mei 2012), provinsi (oktober 2012), hingga nasional (september 2013), semakin membuatku semakin mantap untuk maju. Saya menampilkan unjuk bakat berupa permainan Sampeq-alat musik tradisional suku Daya dengan kostum atasan Dayak Wehea.

Kalau ini sesi pemotretan dengan menggunakan pakaian adat Dayak Kenyah dengan bulu-bulu yang cetar.

Kalau ini, juga baru yang pertama edisi foto close up. Keliatan sangat dewasa ya bagi gadis berumur 18 tahun saat itu hoho


Saat kami melaksanakan pemeriksaan kesehatan (MCU)

Ini juga, masih di Rumah Sakit.

Nah, kalau ini bagian dari karantina.. bersama kakak-kakak finalis dari seluruh Indonesia yang cerdas, cantik, dan bersikap layaknya seorang Putri.

Ini saat janu mengunjungi Londol Public School di Jakrata. Kami belajar tentang Public Speaking. Sungguh bermanfaat, ilmunya masih saya ingat sampai sekarang. Saya beruntung sekali mengenal para finalis, para fasilitator, para chaperon, para panita, para official, dan semuanyaaa Mereka semua sekarang sudah sukses di bidangnya masing-masing. Terima kasih El John Pageant, selaku penyelanggara.

Malam final PPI 2013, dilaksanakan di Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah.

            4. Pasca menjabat - sekarang

Tingkat nasional pun berlalu, puji Tuhan sebagai finalis saja sudah sangat bersyukur. Kembali ke Kaltim, saatnya memberikan mahkota kepada penerusku... tahun 2013 adalah kak Raeza Febrina (Top 10 Putri Pariwisata Indonesia 2014).
Sebagai alumni, saya bertugas membantu penyelenggaraan acara di tahun-tahun berikutnya. Yei sudah punya junior banyak hihiii

Ini saat malam final Pemilihan Putri Pariwisata Kaltim 2013, detik-detik hendak menyematkan mahkota kepada penerusku. *Memang aku hanya ditakdirkan memakai mahkota selama 3 jam :"


Pasca menjabat, diundang untuk menjadi pembicara talk-show di kampus, saya bersyukur. Smeoga menjadi berkat.


Again, with my brother... Kak Auriza, yang jadi mentor andalan Duta Wisata & Putri Pariwisata Kutai Timur saat ini. Alumni keceh!
Bersama mbak Yunitha Ronting - Kasie Dinas Pariwisata Kaltim, yang cantik & keceh. Ini juga mentor kesayangan pingkan. Bersama tim dinas pariwisata Kutim, yang tak bisa kusebutkan satu-persatu. Mereka selalu mendukungku. Terima kasih banyak :"

Gaun cetar yang kukenakan ini dirancang oleh alm. Kak Tesar, dan make up by kak Wandi.


Bersama Vera Margareta Pasaribu (Putri Pariwisata Kaltim 2015) & Jessica Hermila (Putri Pariwisata Kaltim 2014)... Para putri cantik
Dalam final Pemilihan Duta Wisata & Putri Pariwisata Kaltim 2016. Perwakilan Kutai Timur mengharumkan nama Kutim. Juara 1! Mereka hebat!!! Pasangan duta wisata (duwis) Puput & Syabab (Duta Wisata Kaltim 2016) juga sang putri cantik Cristina Laws (Putri Pariwisata Kaltim 2016)



Para Putri Pariwisata Kaltim mulai tahun 2015 - 2014 -2013 - 2012 :"


Saat karantina pemilihan Duta Wisata & Putri Pariwisata Kaltim 2017. Pingkan di tengah orang-orang hebat.

Ini di malam final Pemilihan Duta Wisata & Putri Pariwisata Kaltim 2017.




Bersama kak Yuni, staf Dinas Pariwisata Kutim ... cantik dan selalu mendukungku. 




Ini agak baru nih... Saat pembukaan seleksi Pemilihan Duta Wisata & Putri Pariwisata Kutai Timur 2018, dilaksanakan pada bulan Maret 2018 lalu.

Selamat kepada Winda sebagai Putri Pariwisata Kutim 2018. Kesamaan kami bertiga adalah, terpilih saat berusia 17 tahun. What a very sweet 17. Kurang 1 putri nih... Jadi Putri Pariwisata Kutai Timur ada 4: (2012 - Pingkan, 2013 - Zaqia, lalu vakum 3 tahun, 2016 - Cristina Laws, dan 2018 - Winda Putri) ^_^ Welcome to the group babe!

Sedangkan di tingkat provinsi Kaltim (2012 - Pingkan, 2013 - Raeza Febrina, 2014 - Jessica Hermila, 2015 - Margareta Vera Psaribu, 2016 - Cristina Laws, 2017 - Stephany, 2018 - Natasya Priyanka).



 

 5. Aku yang sekarang, tetap sama seperti aku yang dahulu. Hanya, aku bersyukur bisa melewati rangkaian waktu yang luar biasa, dengan berbagai pengalaman dipadukan pertemuan dengan berbagai orang dan membentuk aku hingga saat ini.


Belajar menjadi wanita tangguh. 
Para wanita di sekelilingku saat ini...



Just be yourself, keep cheerful ^_^

Maunya jadi iklan shampo atau model ANTM tetapi belum kesampaian jadinya gini haha

Ini baju batik perpisahan waktu SMA, baju batik kesayangku...

This is me now... Welcome the words: Segar, makmur, bahagiaaaa


Setelah 2 bulan diklat, akhirnya di sesion John Robert Power, saya memakai high heels dan make total lagi yeaaahhhh






Ini foto terbaru, baru tadi siang, 3 jam yang lalu membuat foto ini :D *Sponsor by hape Risty Nurannisa

1000 miles journey begin with 1st step. Keep going on!

Tak menyangka, pengalaman kurang lebih 6 tahun sejak saat itu, dapat kucurahkan dalam 2 jam menulis postingan ini.
Mengingat masa-masa itu, membuatku semakin bersyukur kepada Tuhan Yesus, ini semua karena anugerahNya, pengalaman indah dan berharga yang tak tergantikan oleh apapun membentukku menjadi seperti ini.

Dia memakai banyak orang untuk menolongku, banyak sekali orang-orang hebat yang membuatku belajar dari mereka akan setiap nilai-nilai kehidupan ini :)

6 tahun yang lalu :" cerita luar biasa mulai terukir.
Saat ini??? Cerita itu masih terus berlanjut.

Sampai jumpa di tahun-tahun mendatang, Pingkan.



xoxo

Pingkan yang sekarang

Last Post: [Dunia Musik]. Mimpi. Percaya. Menerima.

Komentar



  1. Keren dek...salut sama pingkan..
    Sukses dan dan terus dalam kebahagiaan pingkan sayang

    BalasHapus
    Balasan
    1. To my dearest kak Cici, the one who inspire me. Love you full kak :*

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir di blog Podungmy. Semoga tulisannya bermanfaat. Silakan isi komentar / saran untuk lebih baik ke depannya. Salam hangat, Pingkan.

Postingan Populer